Apa yang Membuat Keringat Kita Bau?

Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan keringat berbau busuk dan bau badan. Tim di Perth Sweat Clinic memiliki semua informasi Pemutih Ketiak Dan Pemutih Selangkangan Terbaik Tahun 2023 yang Anda perlukan untuk memahami, mengelola, dan menghilangkan bau keringat yang tidak sedap. Telusuri artikel berikut untuk mendapatkan tips dan wawasan tentang dunia keringat manusia.

 

Mengapa Keringat Berbau?

Keringat terdiri dari 95% air dan sebenarnya tidak berbau. Bau badan yang kita kenal selama ini disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terurai melalui keluarnya keringat. Bau badan berasal dari kelenjar apokrin di ketiak – kelenjar ini melepaskan protein dan lipid untuk dimakan bakteri.

Mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bau badan semakin parah, terutama pada mereka yang menderita hiperhidrosis aksila (keringat berlebihan di ketiak). Bagian ketiak yang hangat dan lembap merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri untuk bertahan hidup.

Seiring bertambahnya usia, kelenjar apokrin kita memperlambat fungsinya, yang berarti orang lanjut usia cenderung tidak menderita bau badan.

Pemicu Ini Dapat Membuatnya Lebih Buruk

Ada beberapa faktor yang berdampak pada bau keringat kita. Menyadari pemicu ini dapat membantu Anda mengelola dan mengurangi bau badan serta tahu bagaimana Cara menghilangkan bekas luka di ketiak

Stres dan Kecemasan

Saat manusia stres, tubuh bereaksi dengan meningkatkan kelenjar keringat. Keringat karena gugup adalah hal yang normal, tetapi dapat meningkatkan bau badan jika Anda tidak menggunakan deodoran yang tepat.

Kain yang Tidak Pantas

Poliester, nilon, dan sutra merupakan penyebab menolak air dan meningkatkan bau seseorang. Bahan-bahan ini tidak bisa bernapas dan akan membuat bakteri terperangkap di permukaan kulit Anda. Sebaliknya, memilih bahan katun, wol, atau linen akan membuat pakaian Anda lebih menyerap dan melindungi.

Pilihan Deodoran yang Buruk

Beberapa merek deodoran dapat mendorong pertumbuhan bakteri bau dengan memberikan lebih banyak bahan bakar bagi bakteri tersebut. Beralihlah ke deodoran alami atau fokuslah membersihkan ketiak dengan air dan jus lemon daripada memilih bahan buatan untuk menghentikan keringat.

Faktor Makanan

Menghilangkan nutrisi yang diperlukan tubuh dari sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan akan menyebabkan bau badan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang menjalani diet seimbang. Bakteri suka mengemil gula sama seperti kita, dan diet tinggi protein memerlukan pemecahan metabolisme yang lebih aktif oleh tubuh. Faktor-faktor ini hanya meningkatkan kadar keringat kita. Minyak dalam gorengan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan bau badan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *