ULASAN MONITOR GAME PHILIPS BRILLIANCE 498P9Z

Apa yang membuat epik Philips Brilliance 498P9Z? Itu tidak sepenuhnya asing. Faktanya, retas ‘Z’ dari ujungnya dan Anda memiliki Philips Brilliance 498P9, monitor yang tampaknya identik yang diluncurkan hampir dua tahun lalu.

Identik, kecuali satu perbedaan kritis. Model Z baru menambahkan penyegaran tinggi ke paket, semuanya 165Hz, di mana model yang ada mencapai 60Hz. Dan betapa paket yang sudah ada dan terus berlanjut.

Angka dasarnya agak gila. Panel besar 49 inci diformat dengan rasio aspek 32:9 yang hampir sangat lebar. Anda mendapatkan 5.120 x 1.440 piksel dan kecerahan puncak 550 nits. Sebenarnya, angka terakhir itu juga merupakan peningkatan dari non-Z, yang mencapai 450 nits, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di monitor gaming asus 500hz itu bukan untuk kami.

Kontras bawaan panel tetap 3.000:1, yang langsung memberi tahu Anda bahwa ini adalah monitor VA, bukan IPS. Bahkan panel IPS Black terbaru LG hanya bagus untuk kontras 2.000:1 yang diklaim. Panel VA biasanya tidak terkenal karena responsnya yang cepat, sehingga kinerja respons terukur 498P9Z 4ms bukanlah kejutan besar. Tapi agak jauh dari teknologi IPS 1ms saat ini.

Sedangkan untuk atribut panel lainnya, cakupan gamut AdobeRGB yang diklaim Z telah turun beberapa poin menjadi 89%. Cakupan DCI-P3, yang bisa dibilang lebih relevan untuk monitor yang lebih berpusat pada game, adalah 91%, lumayan. Dibutuhkan 95% dan lebih untuk membuat kami terkesan, hari ini.

Philips juga menambahkan dukungan HDR untuk model yang direvisi ini. Tapi ini adalah variasi dasar DisplayHDR 400, jadi jangan terlalu bersemangat. Tidak ada peredupan lokal, tidak ada lampu latar mini-LED yang mewah. Konon, kontras superior panel VA tidak ada salahnya untuk meningkatkan jangkauan dinamis.

Untuk konektivitas, satu soket DisplayPort 1.4 adalah satu-satunya cara untuk menyegarkan 165Hz. Tiga port HDMI hanya spek 2.0. Anda memerlukan HDMI 2.1 untuk menggerakkan layar dengan piksel sebanyak ini dengan kecepatan refresh yang tinggi. Hub USB empat port melengkapi konektivitas. Dengan kata lain, Anda tidak mendapatkan USB Type-C. Philips sebenarnya menawarkan panel yang sangat mirip dengan port USB Type-C jika itu penting bagi Anda, 499P9H. Tapi itu panel 60Hz. Jadi pilihlah. Refresh tinggi atau USB Type-C. Anda tidak dapat memiliki keduanya.

Ngomong-ngomong, nyalakan Philips Brilliance 498P9Z dan segera terlihat betapa kuatnya itu. Ini mungkin bukan tampilan HDR yang sebenarnya. Namun kombinasi dari daya lampu latar 550 nit dengan kontras yang sangat baik dari panel VA benar-benar mendesis. Pesta grafis dengan penelusuran sinar seperti Cyberpunk 2077 benar-benar spektakuler pada panel skala ini dengan semangat sebanyak ini.

Meskipun demikian, tidak jelas bahwa 498P9Z sebenarnya terlihat lebih baik menjalankan game seperti Cyberpunk dalam mode HDR daripada mode SDR. Yang bisa kami katakan dengan yakin adalah konten SDR terlihat seperti sampah dalam mode HDR. Jadi, Anda harus mengaktifkan mode HDR sebagai dan kapan daripada membiarkannya terus-menerus. Itu agak melelahkan, meskipun merupakan kesalahan umum di antara monitor dengan dukungan HDR kelas bawah.

Dalam konteks game yang lebih luas, aspek gila 32:9 memiliki pro dan kontra. Untuk pencelupan, itu bintang. Memiliki hampir semua penglihatan periferal Anda terisi membuat perbedaan nyata. Namun aspek ekstrimnya juga bisa bermasalah. Sebagian besar game online yang kompetitif, seperti Fortnite, membatasi bidang pandang Anda untuk mencegah panel ultrawide memberikan keuntungan yang tidak adil. Hasilnya kurang optimal: gambar yang sangat jelas terbentang. 

Jarak tempuh Anda akan bervariasi dengan genre game lainnya. Banyak hal bergantung pada seberapa fleksibel game tertentu dengan lokasi dan konfigurasi fitur tetap di layar seperti menu dan bilah status, bersama dengan masalah FoV yang disebutkan di atas.

Yang konsisten untuk semua game adalah kerapatan piksel yang relatif rendah. Tidak diragukan lagi, 5.120 x 1.440 adalah piksel utuh. Dengan 7,4 juta, tidak jauh dari 8,3 juta piksel 4K penuh. Tapi membentang di atas layar sebesar itu hanya menghasilkan 109 piksel per inci. Monitor 4K 32 inci, misalnya, sekitar 140PPI, untuk membeli monitor gaming terbaru Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor Singapore.

Jadi, Anda tidak mendapatkan kualitas gambar setajam silet, detail fotorealistik, yang merupakan ciri khas layar 4K yang lebih kecil. Bisa dibilang, itu bahkan lebih menjadi masalah pada desktop Windows, di mana kerapatan piksel yang rendah tidak persis seperti font dan ikon yang renyah, bahkan jika panel besar memang membuat pengaruh multitasking yang serius.

Anda juga tidak mendapatkan kecepatan monitor IPS terbaik. Yang pasti, penyegaran 165Hz berarti 498P9Z terasa apik dan responsif (asalkan Anda memiliki GPU yang sangat cepat untuk menggerakkan tujuh juta piksel pada lebih dari 100fps). Tetapi respons piksel sebenarnya hanya layak daripada luar biasa.

Secara keseluruhan, Philips Brilliance 498P9Z tidak salah. Ini memiliki beberapa batasan bawaan yang berasal dari ukuran, resolusi, rasio aspek, dan jenis panelnya. Tapi kemudian itu juga mendapat manfaat langsung dari semua elemen itu.

Yang terbaik, 498P9Z tidak diragukan lagi spektakuler. Tapi itu tidak sendirian di bagian pasar ini. Dengan harga £999 di Inggris (untuk saat ini, harga AS tidak tersedia), ia memiliki banyak persaingan termasuk AOC AGON AG493UCX2 yang sangat mirip dan sedikit lebih murah. G9 generasi pertama Samsung sekarang juga dapat dimiliki dengan harga sekitar £300 lebih dan menawarkan respons yang lebih baik, bahkan pukulan yang lebih keras dan kurva melingkar yang ekstrem. Jenis layar ini semuanya banyak uang. Tapi kemudian mereka semua monitor yang sangat buruk juga.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *